3 September 2019

Adi Gunawan Institut

Di Acara Moon Charity Pesmaba Fikes UMM 2019

Pada Hari Selasa, 3 September 2019, Adi Gunawan Institut berkesempatan untuk menghadiri undangan panitia Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (PESMABA) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Malang, untuk mengikuti acara Moon Charity yang diadakan di kegiatan para mahasiswa baru pada tahun 2019 tersebut.

Kegiatan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (PESMABA) secara rutin diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang setiap tahunnya, untuk menyambut para mahasiswa baru dan sekaligus pengenalan program studi dan informasi seputaran kampus UMM. Pada tahun ajaran 2019 ini mahasiswa baru yang masuk di UMM berjumlah 7.611 orang, yang tersebar di berbagai fakultas dan jurusan.

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) secara khusus mengusung tema Moon Generation, yaitu Morality, Open Minded, Optimis, dan Nasionalis, sebagai tema Pesmaba yang mengangkat isyu-isyu nasional yang sedang berkembang, seperti penanggulangan narkoba, dan juga penerapan kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik.

Pada kesempatan ini, Pesmaba FIKES mengadakan sebuah acara yang diberi nama “Moon Charity” dengan menghadirkan narasumber dari Adi Gunawan Institut. Acara Moon Charity yang diikuti sekitar 700 maba ini adalah bentuk kepedulian para mahasiswa FIKES UMM terhadap para penyandang disabilitas.

SIMAK UNTUK KESERUAN ACARANYA

Direktur Adi Gunawan Institut, Adi Gunawan, diberikan kesempatan khusus untuk mengisi seminar pada acara amal tersebut. Adi Gunawan yang seorang tunanetra lowvision menyampaikan materi tentang pentingnya kesadaran disabilitas atau disability awereness, untuk dapat menciptakan tatanan kehidupan masyarakat yang setara dan inklusif.

Dengan menggunakan sebuah laptop yang dilengkapi dengan screen reader, ia mampu menyampaikan materi seminar dengan cukup baik, komunikatif, dan juga interaktif. “ini adalah salah satu contoh kegiatan yang inklusif, dimana FIKES UMM mengundang penyandang disabilitas sebagai pembicara seminar dan para mahasiswa sebagai pendengarnya!” seru Adi Gunawan, diikuti suara tepuk tangan para peserta seminar dengan penuh semangat.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti seminar tersebut. Mereka nampak serius saat mencatat poin-poin penting yang disampaikan oleh pembicara. Para peserta juga dilibatkan dalam disability challenge, dimana para peserta diajak memahami kondisi penyandang disabilitas secara langsung dan diajarkan cara berinteraksi dengan ragam disabilitas yang berbeda-beda, seperti disabilitas netra, tuli, grahita, dan daksa.

Para maba dan panitia juga telah berhasil mengumpulkan donasi bagi para penyandang disabilitas dan langsung diberikan kepada Adi Gunawan Institut di akhir sesi seminar. Adi Gunawan yang menerima penyerahan donasi tersebut sangat mengapresiasi dan mengatakan bahwa ini adalah salah satu bentuk kepedulian para mahasiswa terhadap para penyandang disabilitas. 

Kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan kepedulian teman-teman kepada para penyandang disabilitas. Dengan terkumpulnya donasi dari teman-teman FIKES akan kita gunakan untuk mengembangkan pendidikan dan karya penyandang disabilitas di Adi Gunawan Institut.” Terang Adi.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIKES UMM, M. Dodik Prastiyo menjelaskan bahwa acara Moon Charity ini diadakan untuk dapat menanamkan rasa syukur kepada para maba dan meningkatkan kepedulian kepada para penyandang disabilitas. Dodik menambahkan bahwa hal ini sangat penting untuk menjadi bekal para maba kelak saat terjun di dalam kehidupan bermasyarakat dan dapat memberi kontribusi yang positif.

Sukses selalu untuk FIKES UMM! Sampai jumpa di kegiatan positif dan edukatif lainnya di kesempatan yang akan datang!

Saksikan video Adi Gunawan Institut di acara Moon Charity PESMABA FIKES UMM di sini :

Mari bergabung bersama Adi Gunawan Institut untuk mengadakan banyak kegiatan yang positif dan edukatif bagi para penyandang disabilitas.

Jadilah mitra kami untuk mengadakan kelas komputer bicara bagi tunanetra, pelatihan ponsel bicara, pentas seni dan vokal, pelatihan handicraft, serta kegiatan-kegiatan positif lainnya bagi para penyandang disabilitas.

INFO LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI KAMI DI :

jadilah salah satu dari donatur kegiatan kami

Bersama Adi Gunawan Institut, kita wujudkan kehidupan para tunanetra dan penyandang disabilitas yang berkualitas, mandiri, dan inklusif.

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi