Adi Gunawan Institut

Di Kota Yogyakarta

Adi Gunawan Institut berkesempatan untuk hadir di Kota Yogyakarta untuk mengadakan diskusi dan sharing dengan para orang tua yang memiliki bayi dan balita tunanetra, tentang bagaimana cara menangani dan merawat anak-anak yang mengalami ketunanetraan sejak lahir. Sebagian besar ketunanetraan yang dialami oleh putra putri mereka disebabkan karena kelahiran prematur sehingga menyebabkan permasalahan pada retina. Diaknosis medis untuk menyebut faktor ketunanetraan tersebut adalah Retinophaty Of Primaturity (ROP)

Diskusi bersama para orangtua bayi dan balita ROP tersebut diadakan pada hari Senin 1 Juli 2019, bertempat di gedung Laboratorium PLB Universitas Negeri Yogyakarta.Pada acara tersebut juga dihadiri dosen PLB UNY dan beberapa mahasiswa. Para orang tua sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan penanganananak-anak mereka yang mengalami ketunanetraan. Tak ketinggalan para mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan luar biasa atau PLB juga bersemangat saat mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang kendala yang mereka miliki saat menghadapi anak-anak didik mereka yang juga tunanetra.

Direktur Adi Gunawan Institut, Adi Gunawan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh para orang tua dan mahasiswa dengan jelas dan terperinci. Ia juga menjelaskan potensi permasalahan yang timbul terkait dengan kondisi anak yang mengalami ketunanetraan, khususnya sejak lahir.

Adi Gunawan juga memberi contoh cara-cara penanganan terhadap balita tunanetra yang tengah ditangani di Adi Gunawan Institut di Malang. Ia juga menyampaikan bagaimana metode dan sistem pendidikan yang dirancang oleh Adi Gunawan Institut untuk membantu peningkatan kualitas belajar setiap siswa tunanetra yang ditangani, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Hal ini dapat menambah inspirasi dan referensi dosen dan para mahasiswa UNY untuk dapat menerapkannya dalam proses belajar mengajar.

Selain memberi edukasi dalam diskusi tersebut, Adi Gunawan juga memotivasi para orang tua agar tetap kuat dan bersemangat saat merawat balita mereka. Membesarkan anak yang mengalami ketunanetraan memang tidak mudah dan memerlukan kesabaran dan pengetahuan yang tinggi. Anak-anak harus tumbuh dalam situasi dan kondisi yang nyaman di tengah-tengah keluarga, dan perlu ditanamkan rasa sukacita dan bahagia dalam setiap aspek kehidupan mereka.

Bekal itulah yang kelak akan mengantarkan anak-anak tersebut menuju taraf kehidupan yang berkualitas, mandiri, dan juga inklusif di masa yang akan datang. Hambatan terkait dengan indera pengelihatan akan mampu mereka atasi sendiri dengan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi akses yang semakin berkembang dan mudah didapatkan saat ini. Prinsip belajar seperti inilah yang diterapkan di Adi Gunawan Institut, tambah Adi diakhir sesi diskusi tersebut.

Mari bergabung bersama Adi Gunawan Institut untuk mengadakan banyak kegiatan yang positif dan edukatif bagi para tunanetra.

Jadilah mitra kami untuk mengadakan kelas komputer bicara bagi tunanetra, pelatihan ponsel bicara bagi tunanetra, pentas seni dan vokal, pelatihan handicraft, serta kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Info lebih lanjut dapat menghubungi kami di :

Alamat Sekretariat :

Villa Puncak Tidar Blok AE No.40, Malang, Jawa Timur.

Phone :

+6282131735324

Email :

Admin@adigunawaninstitut.id

Jadilah salah satu donatur untuk kegiatan kami bagi para tunanetra.

Untuk berdonasi silahkan kunjungi :

Bersama Adi Gunawan Institut, kita wujudkan kehidupan para tunanetra yang berkualitas, mandiri, dan inklusif.

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi