Bimbingan Belajar Bagi Tunanetra Pada Hari Kamis 21 Februari 2019

Pada hari Kamis 21 Februari 2019 telah diadakan kembali bimbingan belajar bagi tunanetra yang bertempat di sekretariat Adi Gunawan Institut di Villa Puncak Tidar AE 40, Kalisongo, Malang. Materi yang diberikan pada kegiatan bimbel tersebut adalah lanjutan materi pada pertemuan sebelumnya yaitu pengenalan komputer bicara bagi tunanetra pemula.

Para peserta bimbel yang hadir adalah Suranto dan Rohman yang juga hadir pada pertemuan-pertemuan sebelumnya yang telah diadakan di sekretariat Adi Gunawan Institut. Mereka adalah para tunanetra yang memiliki semangat belajar yang tinggi meski mereka belum memiliki komputer sendiri sebagai sarana belajar sehari-hari di rumah. Ranto dan Rohman tetap bersemangat menghadiri setiap pertemuan bimbingan belajar yang diadakan setiap minggunya.

Suranto yang telah mulai hafal letak tombol-tombol laptop dan fungsinya mulai belajar membuka program Office Word dan belajar mengetik kata-kata atau kalimat. Ia mencoba menerapkan teknik mengetik 10 jari yang telah diajarkan sebelumnya untuk dapat mengetik dengan teratur di Word.

Suranto sangat bersemangat saat mengetik apa saja yang ingin ia ketik. Dengan cekatan ia berusaha untuk menggerakan jemarinya di atas keyboard laptop, sembari ia mendengarkan dengan seksama bunyi tombol-tombol yang ia tekan.

Begitu juga yang dialami oleh Rohman. Ia juga mulai hafal letak-letak tombol laptop yang sedang ia pergunakan untuk belajar. Jika pada pertemuan bimbel sebelumnya Rohman baru pertama kkali menyentuh komputer bicara, kali ini Rohman diajarkan cara mengetik menggunakan 10 jari. Ia berusaha menempatkan jemarinya pada keyboard laptop dengan hati-hati dan mencoba menekan dengan lebih teratur. Ia belajar merangkai huruf-huruf yang akan menjadi sebuah kata atau kalimat yang akan ia ketik setelah ia hafal letak tombol-tombol keyboard tersebut.

Suranto dan Rohman adalah beberapa contoh tunanetra yang berusaha untuk memperoleh kemajuan dalam kehidupannya. Kesempatan untuk belajar tidak mereka sia-siakan karena mereka berharap dengan ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan akan bermanfaat di masa yang akan datang.

Ranto dan Rohman berharap agar teman-teman mereka para tunanetra di Malang Raya dapat mengikuti kegiatan bimbingan belajar yang diadakan oleh Adi Gunawan Institut bagi tunanetra. Mereka menilai bahwa kegiatan ini sangat positif dan edukatif, mengingat kegiatan belajar semacam ini sangat jarang ditemui di tempat tinggal mereka dan para tunanetra lainnya

Oleh karena itu mereka berharap agar kegiatan bimbingan belajar bagi tunanetra akan terus berkelanjutan untuk dapat memberikan kesempatan bagi para tunanetra yang tidak memiliki sarana belajar seperti mereka yang tinggal di Malang raya dan daerah-daerah sekitarnya.

Video bimbingan belajar bagi tunanetra pada hari Kamis 21 Februari 2019 dapat disaksikan pada :

BERGABUNGLAH BERSAMA ADI GUNAWAN INSTITUT UNTUK MENYEDIAKAN KESEMPATAN BELAJAR DAN BERKARYA BAGI PARA TUNANETRA.

BERSAMA ADI GUNAWAN INSTITUT, KITA WUJUDKAN TARAF KEHIDUPAN PARA TUNANETRA YANG BERKUALITAS, MANDIRI, DAN INKLUSIF.

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi