Berikut ini adalah seluruh informasi mengenai program-program yang dilaksanakan oleh Adi Gunawan Institut sepanjang tahun 2018, yang dalam pelaksanaannya didukung oleh partner di internal Adi Gunawan Institut, serta bekerjasama dengan organisasi dan lembaga yang menjadi mitra Adi Gunawan Institut.

Kami atas nama pengurus dan pelaksana seluruh program di Adi Gunawan Institut, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada partner di internal Adi Gunawan Institut, lembaga atau organisasi yang menjadi mitra kerja Adi Gunawan Institut, serta semua pihak yang telah mendukung seluruh program yang dilaksanakan sepanjang tahun 2018 ini sehingga dapat terlaksana dengan baik. Semoga seluruh kerjasama yang telah terbangun baik selama ini akan terus berjalan, demi terwujudnya taraf kehidupan para tunanetra yang berkualitas, mandiri, serta inklusif di tengah-tengah masyarakat.

adigunawaninstitut

Penampilan teknologi informasi dan komunikasi yang aksesibel bagi tunanetra di acara perayaan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018 di kota Malang.

Pada tanggal 3 Desember setiap tahunnya diadakan peringatan hari disabilitas internasional di berbagai tempat di penjuru dunia. Peringatan hari disabilitas ini adalah bentuk usaha atau upaya untuk mewujudkan kesetaraan dan hak-hak para penyandang disabilitas di tengah-tengah masyarakat yang inklusif.

Di kota Malang sendiri perayaan hari disabilitas internasional diperingati oleh lintas organisasi penyandang disabilitas pada hari Minggu tanggal 9 Desember Tahun 2018, bertempat di Taman Krida Budaya kota Malang.

Pada acara tersebut, Adi Gunawan Institut mendapatkan kesempatan untuk menampilkan teknologi informasi dan komunikasi yang aksesibel bagi tunanetra, seperti komputer bicara dan ponsel bicara. Harapannya dengan penampilan TIK yang aksesibel tersebut dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat di kota Malang tentang adanya terobosan di bidang teknologi bantu yang dapat mempermudah para tunanetra dalam belajar dan beraktifitas sehari-hari secara mandiri.

Kunjungan kerja team Adi Gunawan Institut ke Singapore Association of the Visually Handicapped.

Pada bulan Agustus tahun 2018, team Adi Gunawan Institut yang terdiri atas 3 orang mengadakan kunjungan kerja ke Singapore Association of the Visually Handicapped (SAVH) di Singapura. Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk mengali informasi dan mempelajari bagaimana cara lembaga pendampingan bagi para tunanetra tersebut dalam menangani serta memberdayakan para tunanetra dan orang-orang dengan hambatan pengelihatan yang sangat beragam di Singapura. SAVH telah mendampingi serta menangani para tunanetra di Singapura sejak tahun 1951, dan juga menjadi tempat rujukan serta tempat bermitra dari lembaga atau asosiasi di beberapa negara di Asia Tenggara terkait dengan pendampingan bagi para tunanetra.

Pada kunjungan kerja tersebut, team Adi Gunawan Institut difasilitasi oleh partner internal Adi Gunawan Institut yang ada di Indonesia dan juga Singapura. Selain mengadakan kunjungan kerja ke SAVH, team Adi Gunawan Institut juga berkesempatan untuk meninjau tingkat aksesibilitas bangunan dan sarana transportasi dan layanan publik di Singapura bagi penyandang disabilitas, secara khusus bagi tunanetra.

Dengan diadakannya kunjungan kerja ke SAVH, team Adi Gunawan Institut akan mendapatkan inspirasi serta referensi dalam rangka meningkatkan kualitas pendampingan dan pembelajaran bagi para tunanetra yang akan ditangani di kota Malang. Selain itu juga akan membuka kesempatan bermitra dengan lembaga terkait yang berada di Singapura, untuk terus memajukan tarap kehidupan para tunanetra dengan berbagai bentuk kerjasama yang akan diadakan di masa yang akan datang.

Peluncuran website Adi Gunawan Institut.

Pada bulan Juni tahun 2018 telah diluncurkan website Adi Gunawan Institut yaitu adigunawaninstitut.id. Website ini berfungsi sebagai media imformasi tentang berbagai program serta seluruh kegiatan yang diselenggarakan di Adi Gunawan Institut.

Terwujudnya website Adi Gunawan Institut ini adalah berkat dukungan dari PT Valid Data Solusi (VDS) yang memberikan fasilitas pembuatan dan pengelolaan website untuk Adi Gunawan Institut. Dengan dukungan dari PT VDS di bidang informasi akan dapat memberikan manfaat yang sangat besar, khususnya bagi para tunanetra dan keluarga mereka yang ingin mendapatkan informasi tentang program belajar dan pendampingan yang ada di Adi Gunawan Institut melalui internet.

Berikut ini adalah website resmi PT Valid Data Solusi yang bergerak di bidang pengelolaan database dan pembuatan software, aplikasi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan dunia digital secara profesional, baik untuk perusahaan-perusahaan, komunitas, dan juga perseorangan.

Pelatihan ponsel android bagi tunanetra di Malang.

Pada bulan Mei 2018, Adi Gunawan Institut bekerjasama dengan beberapa mitra terkait mengadakan sosialisasi dan pelatihan ponsel android kepada sekitar 50 orang tunanetra dari Malang raya dan beberapa daerah di Jawa Timur seperti Surabaya, Tulungagung, dan Magetan.

Pelatihan android ini mendapat dukungan dana dari partner internal di Adi Gunawan Institut dan dalam pelaksanaannya turut didukung juga oleh Yayasan Lingkar Sosial Indonesia, Universitas Ma Chung, dan komunitas Harmoni Cinta.

Kegiatan ini digelar sebagai upaya sosialisasi kepada para tunanetra tentang bagaimana tata cara dalam penggunaan aplikasi pembaca layar atau screen reader pada ponsel android, dan sekaligus memberikan pelatihan untuk menggunakan berbagai aplikasi penunjang aksesibilitas dan mobilitas seperti aplikasi pembaca uang, aplikasi pembaca tulisan cetak, dan aplikasi pendeteksi lokasi.

Program berbagi ponsel android bagi para tunanetra yang membutuhkan.

Pada bulan April 2018, team Adi Gunawan Institut berkesempatan untuk membagikan ponsel android bagi para tunanetra yang membutuhkan bantuan. Para tunanetra yang mendapatkan bantuan ponsel android tersebar di Malang, Blitar, dan Tuban.

Program berbagi ponsel android ini dapat terlaksana berkat dukungan dari partner internal Adi Gunawan Institut yang berdonasi belasan ponsel android yang selanjutnya didistribusikan oleh team Adi Gunawan Institut kepada para tunanetra yang secara ekonomi tidak mampu membeli ponsel android yang dapat dipasang aplikasi pembaca layar atau screen reader tersebut.

Pendirian lembaga belajar dan berkarya bagi para tunanetra di Malang yang bernama Adi Gunawan Institut.

Sebagai upaya untuk menyediakan kesempatan belajar dan berkarya bagi para tunanetra di kota Malang dan sekitarnya, dibentuklah lembaga belajar non formal yang diberi nama Adi Gunawan Institut.

Adi Gunawan Institut telah memberikan layanan pendampingan dan pelatihan bagi para tunanetra sejak tahun 2016, dan diresmikan di notaris pada bulan Mei tahun 2018.

Adi Gunawan Institut dapat didirikan dan dapat memberikan layanan kepada para tunanetra di Malang berkat dukungan dari para partner internal Adi Gunawan Institut yang senantiasa memberikan dukungan berupa dana, fasilitas dan sarana penunjang, serta tenaga dan pikiran untuk dapat mewujudkan lembaga belajar dan berkarya bagi para tunanetra.

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi