INFORMASI KERJASAMA TAHUN 2019

Berikut ini adalah seluruh informasi mengenai program-program yang dilaksanakan oleh Adi Gunawan Institut sepanjang tahun 2019, yang dalam pelaksanaannya didukung oleh partner di internal Adi Gunawan Institut, serta bekerjasama dengan organisasi dan lembaga yang menjadi mitra Adi Gunawan Institut.

"Kami atas nama pengurus dan pelaksana seluruh program di Adi Gunawan Institut, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada partner di internal Adi Gunawan Institut, lembaga atau organisasi yang menjadi mitra kerja Adi Gunawan Institut, serta semua pihak yang telah mendukung seluruh program yang dilaksanakan sepanjang tahun 2019 ini sehingga dapat terlaksana dengan baik. Semoga seluruh kerjasama yang telah terbangun baik selama ini akan terus berjalan, demi terwujudnya taraf kehidupan para tunanetra yang berkualitas, mandiri, serta inklusif di tengah-tengah masyarakat. "
Screenshot_3
adi gunawan
Founder

Pembentukan grub musik AGI Band

Pada bulan Desember 2019, Adi Gunawan Institut telah membentuk grub musik yang beranggotakan para musisi tunanetra dan relawan yang diberi nama AGI Band atau Adi Gunawan Institut Band.

Latar belakang pembentukan AGI Band ini dikarenakan masih belum adanya wadah bagi para tunanetra yang memiliki bakat musik di kota Malang untuk menyalurkan aspirasi mereka, serta minimnya kesempatan bagi mereka untuk tampil maupun mempromosikan karya mereka kepada masyarakat.

Pembentukan grub musik ini diharapkan akan mampu memberikan kesempatan kepada para tunanetra yang memiliki bakat dalam bermusik untuk dapat meningkatkan kemampuan mereka, serta mampu berkarya di bidang musik secara profesional.

Berikut ini adalah beberapa video penampilan AGI Band :

Merayakan Hari Disabilitas Internasional tahun 2019, BEM Fikes UMM melibatkan Adi Gunawan Institut di dalam seminar online

Pada hari selasa tanggal 3 Desember 2019, Adi Gunawan Institut berkesempatan untuk mengisi sebuah seminar online yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang (FIKES UMM.) Acara seminar online tersebut diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIKES UMM dalam rangka turut serta mendukung dan berpartisipasi pada perayaan Hari Disabilitas Internasional yang dirayakan pada tanggal 3 Desember setiap tahunnya.

Pada acara tersebut ketua Adi Gunawan Institut, Adi Gunawan, diberikan kesempatan secara khusus untuk mengisi materi seminar online yang diikuti oleh para peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan menggunakan komputer bicara dan ponsel bicara, Adi Gunawan yang juga seorang tunanetra low vision dapat mengisi seminar online tersebut dengan baik serta dapat memberikan inspirasi dan motivasi tersendiri bagi para peserta.

Pemaparan tentang Disability Awereness sekaligus penggalangan dana di acara Pesmaba Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang

Pada Hari Selasa, 3 September 2019, Adi Gunawan Institut berkesempatan untuk menghadiri undangan panitia Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (PESMABA) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Malang, untuk mengikuti acara Moon Charity yang diadakan di antara serangkaian kegiatan para mahasiswa baru pada tahun 2019.

Pada kesempatan ini, Pesmaba FIKES mengadakan sebuah acara yang diberi nama “Moon Charity” dengan menghadirkan narasumber dari Adi Gunawan Institut. Acara Moon Charity yang diikuti sekitar 700 maba ini adalah bentuk kepedulian para mahasiswa FIKES UMM terhadap para penyandang disabilitas.

Di dalam acara tersebut, ketua Adi Gunawan Institut, Adi Gunawan diberikan kesempatan untuk memberikan pemaparan tentang penyadaran terhadap penyandang disabilitas atau disability aweerness kepada para peserta yang hadir. Selain itu juga diadakan penggalangan dana dari Pesmaba Fikes dan seluruh mahasiswa baru yang selanjutnya didonasikan untuk mendukung seluruh program pembelajaran serta pemberdayaan para tunanetra dan penyandang disabilitas di Adi Gunawan Institut.

Peresmian dan pembukaan toko Rejeki bersama Adi Gunawan Institut

Pada hari Minggu 18 Agustus 2019 Adi Gunawan Institut berkesempatan hadir dalam acara pembukaan dan peresmian toko Rejeki yang beralamat di Jalan Bendungan Sutami, Sumbersari, Kota Malang. Sebuah toko yang baru ini secara khusus mengundang para tunanetra dan tunadaksa yang tergabung di Adi Gunawan Institut untuk menghadiri acara tersebut.

Ketua Adi Gunawan Institut, Adi Gunawan diberikan kesempatan secara khusus untuk meresmikan dan sekaligus membuka toko yang menjual aneka plastik dan alat-alat kelistrikan tersebut. Setelah acara peresmian berakhir toko Rejeki tersebut langsung melayani para pembeli yang datang untuk berbelanja.

Sharing dan diskusi bersama orang tua bayi dan balita di kota Yogyakarta

Pada hari Senin 1 Juli 2020, Adi Gunawan Institut berkesempatan hadir di kota Yogyakarta untuk mengadakan diskusi dan sharing dengan para orang tua yang memiliki bayi dan balita yang mengalami kondisi tunanetra dikarenakan terlahir prematur. Kondisi tersebut dalam istilah medis disebut Retinophaty Of Primaturity (ROP).

Pada kesempatan diskusi tersebut, ketua Adi Gunawan Institut, Adi Gunawan memberikan pemaparan dan kiat-kiat bagaimana cara mengasuh balita tunanetra serta memberikan motivasi kepada para orang tua agar tetap bersemangat dalam membesarkan putra dan putri mereka yang mengalami kondisi tunanetra.

Kelas komputer bicara di kegiatan bimbingan belajar di sekretariat Adi Gunawan Institut

Pada bulan Februari hingga bulan April 2019, Adi Gunawan Institut telah membuka program bimbingan belajar bagi para tunanetra yang difasilitasi melalui kelas beasiswa. Di dalam bimbingan belajar tersebut para tunanetra diberikan materi khusus yaitu komputer bicara.
Program bimbingan belajar selama 3 bulan ini dapat terselenggara berkat dukungan dari partner di internal Adi Gunawan Institut yang membuka kesempatan beasiswa dan memberikan biaya akomodasi bagi para tunanetra yang membutuhkan.

Berita selengkapnya dapat di baca di :

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi