Kelas komputer bicara bagi tunanetra pada bulan Maret 2019

Pada bulan Maret 2019 telah diadakan kembali kelas komputer bicara bagi tunanetra di kegiatan bimbingan belajar di sekretariat Adi Gunawan Institut yang bertempat di Villa Puncak Tidar AE 40, Malang. Kegiatan bimbingan belajar yang khusus diadakan bagi para tunanetra ini akan berakhir pada bulan April dan para tunanetra yang telah berhasil menyelesaikan materi komputer bicara akan diberi kesempatan untuk berkarya pada setiap program-program kegiatan yang akan diadakan oleh Adi Gunawan Institut di kesempatan yang akan datang.

Kegiatan ini sangat baik dalam rangka peningkatan kemampuan para tunanetra untuk dapat menggunakan teknologi komputer yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai sumber informasi kemampuan mengoperasikan komputer juga dapat menjadi bekal bagi para tunanetra untuk meningkatkan produktifitas mereka di dunia kerja.

Para peserta yang hadir dalam setiap pertemuan bimbingan belajar diberikan materi pengenalan dasar cara mengoperasikan komputer bicara termasuk cara mengetik sebuah dokumen. Selain itu juga diberikan materi pengenalan Microsoft Excel bagi para tunanetra yang telah cukup lancar dalam mengoperasikan komputer bicara yang dilengkapi dengan software screen reader tersebut.

Suranto, seorang peserta yang mengikuti bimbingan belajar sejak bulan Februari ini sudah semakin lancar dalam mengetik sebuah dokumen. Walaupun ia harus berupaya keras dalam mengetik pada keyboard laptop yang membutuhkan konsentrasi tinggi untuk mendengarkan setiap tombol-tombol yang ia tekan dan selanjutnya mengkoreksi ulang hasil pengetikannya, Suranto tetap bersemangat dalam mengerjakan seluruh proses pengetikan hingga lancar.

Saksikan videonya di sini

Selain itu juga terdapat seorang tunanetra lainnya yang masih berada pada kelas pemula atau pengenalan dasar komputer bicara yang bernama Rohman. Ia juga sudah semakin lancar dan semakin berani dalam menekan tombol-tombol keyboard laptop sembari mendengarkan suara yang keluar. Rohman masih perlu berjuang dalam menghafal letak-letak setiap tombol-tombol tersebut sehingga nantinya ia dapat mulai belajar mengetik pada kesempatan berikutnya.

Saksikan videonya di sini

Sungguh sangat membanggakan dan mengharukan saat menyaksikan Suranto dan Rohman dengan tekun mengikuti setiap pertemuan bimbingan belajar. Mereka tetap berusaha belajar dengan penuh semangat walaupun mereka belum memiliki laptop sendiri untuk dapat mereka pergunakan sehari-hari di rumah.

Semangat yang sama juga nampak dari para tunanetra lainnya yang mengikuti kelas Microsoft Excel pada bimbingan belajar tersebut. Fajrin yang juga seorang mahasiswa dengan antusias mengikuti kelas tersebut. Ia mengatakan bahwa ia ingin memperdalam kemampuan dalam mengoperasikan program Microsoft Excel untuk dapat menunjang proses perkuliahannya dan dapat bermanfaat untuk bekerja setelah lulus di kemudian hari.

Saksikan videonya di sini

Selain itu juga ada peserta lain yang mempelajari Microsoft Excel yaitu seorang mahasiswi yang bernama Pungky. Ia cukup lancar dalam mengikuti setiap materi yang diberikan. Punky berharap dengan kegiatan bimbingan belajar bagi tunanetra di Adi Gunawan Institut ini akan dapat menambah kemampuannya yang kelak akan dapat ia pergunakan untuk berkarya di masa mendatang.

Saksikan videonya di sini

Pendiri Adi Gunawan Institut, Adi Gunawan yang juga sebagai instruktur dalam bimbingan belajar bagi tunanetra tersebut sangat terkesan dengan para peserta yang memiliki semangat belajar yang tinggi untuk dapat mempelajari komputer bicara. Ia mengatakan dengan menggunakan komputer bicara para tunanetra saat ini dapat semakin produktif dalam segala hal. Mereka dapat mengetik dokumen atau artikel sendiri, membuat perhitungan keuangan sendiri, serta berselancar di internet untuk mencari informasi-informasi terbaru dan bermaanfaat.

"Harapannya para peserta yang mengikuti bimbingan belajar dapat menyerap semua materi yang diberikan sampai pada akhir kegiatan yaitu pada bulan April, selanjutnya mereka akan kita berikan kesempatan untuk berkarya misalkan membuat artikel yang akan tayang di webside Adi Gunawan Institut atau diberikan kesempatan untuk mengajar para tunanetra lainnya." tambah Adi.

Mari bergabung bersama Adi Gunawan Institut dalam menyediakan kesempatan belajar dan berkarya bagi para tunanetra dengan menjadi sponsor pada setiap kegiatan yang kami adakan.

Mari berdonasi untuk kegiatan bimbingan belajar bagi tunanetra dengan mencamtumkan keterangan “Donasi untuk bimbingan belajar bagi tunanetra” Selanjutnya donasi dapat di kirim ke :

Atas dukungan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari, kami ucapkan banyak terimakasih.

Bersama Adi Gunawan Institut, kita wujudkan taraf kehidupan para tunanetra yang Berkualitas, Mandiri, dan Inklusif.

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi