Kelas komputer bicara di bimbingan belajar Adi Gunawan Institut

Pada hari Rabu 6 Februari 2019 telah diadakan bimbingan belajar bagi para tunanetra di sekretariat Adi Gunawan Institut di Villa Puncak Tidar blok AE No.40, Kalisongo, Malang, dengan kelas komputer bicara sebagai pembukaan bimbingan belajar. Pada kegiatan bimbel tersebut dibagikan materi mengenai komputer bicara yang dapat langsung dipergunakan oleh para tunanetra.

Para tunanetra yang hadir pada kegiatan bimbingan belajar tersebut memiliki tingkat pengetahuan tentang teknologi akses yang beragam. Ada yang belum pernah sama sekali menyentuh komputer bicara, ada juga yang sudah cukup mahir menggunakannya untuk menunjang seluruh kegiatan sehari-hari.

Pada kesempatan tersebut, tunanetra yang belum pernah mempelajari komputer bicara atau yang pada umumnya disebut tingkat pemula diberikan materi pengenalan dasar mengenai komputer bicara.

Mereka diberikan penjelasan secara terperinci mengenai komputer bicara yang adalah seperangkat komputer PC atau laptop yang dilengkapi dengan software pembaca layar yang dapat membantu para tunanetra bekerja secara mandiri menggunakan komputer.

Salah satu peserta belajar yang bernama Suranto mengaku sangat senang dengan kegiatan bimbingan belajar yang diadakan oleh Adi Gunawan Institut bagi tunanetra. Ia yang sedang mempelajari komputer bicara di tingkat pemula ini sangat antusias dan bersemangat saat diberikan pengarahan tentang tatacara penggunaan komputer bicara tersebut. Saudara suranto mengatakan bahwa kesempatan baik ini akan ia pergunakan untuk belajar dengan sungguh-sungguh karena menurutnya keterampilan menggunakan komputer bicara akan sangat berguna di masa mendatang.

Selain itu para tunanetra yang lain yang telah memiliki kemampuan dasar mengoperasikan komputer bicara juga memperoleh materi yang bermanfaat bagi mereka. Para tunanetra yang juga disebut tingkat lanjutan tersebut diberikan materi instruktur. Mereka diajarkan tatacara untuk menjadi seorang guru atau pengajar bagi teman-teman tunanetra di tingkat pemula untuk mempelajari komputer bicara.

Saudari Pungky, salah satu peserta belajar yang juga seorang mahasiswi di sebuah perguruan tinggi di kota Malang sangat senang dengan kegiatan bimbel yang diadakan. Ia juga nampak cekatan saat membantu mengajar tunanetra pemula.

Begitu juga yang nampak dari para peserta tunanetra yang lainnya seperti Saudara Fajrin, saudara Dicky, dan Saudara Wahyu. Mereka semua sangat antusias dalam mengikuti seluruh materi yang diberikan. Mereka mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi para tunanetra untuk menggali ilmu pengetahuan dan tempat untuk berbagi dengan tunanetra lainnya.

Adi Gunawan, pendiri Adi Gunawan Institut mengatakan bahwa kegiatan bimbingan belajar bagi tunanetra akan diadakan secara rutin untuk dapat membantu para tunanetra yang ingin belajar komputer bicara atau hal-hal yang terkait dengan aksesibilitas dan mobilitas tunanetra sehari-hari. Ia mengatakan materi yang akan diberikan pada bimbel tersebut beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan para peserta belajar.

Adi Gunawan Menambahkan bahwa semua tunanetra dapat mengikuti bimbingan belajar tersebut. Mulai dari tingkat pemula ataupun tingkat lanjutan. Ia berharap dengan diadakan bimbingan belajar bagi tunanetra di Adi Gunawan Institut akan dapat membantu para tunanetra yang tinggal di Malang Raya yang membutuhkan tempat untuk belajar.

Adi Gunawan

jadilah salah satu dari donatur kegiatan kami

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi