Kelas komputer bicara pada bulan april 2019

Pada hari Jumat 26 April 2019 telah diadakan kembali kelas komputer bicara bagi tunanetra di sekretariat Adi Gunawan Institut. Kegiatan belajar yang diadakan khusus bagi para tunanetra tersebut diadakan mulai bulan Februari 2019 dan berakhir pada bulan April 2019. Kelas komputer bicara pada hari Kamis terakhir pada bulan April ini sekaligus sebagai penutupan kegiatan bimbingan belajar yang berlangsung selama 3 bulan.

Para tunanetra yang hadir pada kelas komputer tersebut mengaku sangat senang karena dapat mengikuti kegiatan bimbingan belajar selama 3 bulan yang diadakan di sekretariat Adi Gunawan Institut. Mereka dapat membelajari materi tentang komputer bicara yang sangat bermanfaat bagi tunanetra untuk belajar dan berkarya secara mandiri sama seperti orang-orang awas atau non tunanetra.

Suranto yang selalu bersemangat dan mengikuti kelas komputer bicara sejak bulan Februari mengatakan bahwa ia sangat senang dan berterima kasih atas kegiatan yang positif ini. Dengan mengikuti kegiatan ini Suranto mengaku mendapatkan banyak manfaat dan hal-hal yang positif, khususnya mengenai bagaimana cara mengoperasikan komputer bicara. Walaupun Suranto belum memiliki laptop sendiri di rumah, tetapi ia sudah cukup lancar dalam ketik mengetik. Suranto sudah berhasil menyelesaikan sebuah artikel mengenai perjalanan kehidupannya sebagai seorang tunanetra dan selanjutnya artikel tersebut akan tayang di website Adi Gunawan Institut.

“Dari kiri, Adi Gunawan, Suranto, Andi Zulfajrin, dan Fira”

Selain Suranto, hadir juga peserta lain yang juga selalu mengikuti kegiatan belajar sampai bulan April yaitu Andi Zulfajrin. Pria yang akrab dipanggil Fajrin ini mengatakan bahwa ia memperoleh banyak hal-hal baru setelah ia mengikuti bimbingan belajar yang diadakan. Selain mempelajari komputer bicara, Fajrin juga memperoleh tips dan trik ala tunanetra yang dibagikan pada tiap-tiap pertemuan belajar. Selanjutnya fajrin mengatakan dengan seluruh pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dalam kegiatan belajar tersebut akan dapat menunjang kegiatannya sehari-hari. Ia juga mengaku lebih bersemangat lagi dalam belajar dan berkarya, terlebih komputer bicara adalah sebuah teknologi akses yang luar biasa untuk dipergunakan secara mandiri oleh para tunanetra.

Selain para peserta tunanetra, hadir juga Fira Romaya, salah seorang relawan yang meluangkan waktunya untuk bergabung dalam kegiatan bimbingan belajar bagi tunanetra tersebut. Fira selalu hadir sejak bulan Februari untuk sesekali membantu para tunanetra belajar komputer atau memberi tahu jika ada hal-hal yang perlu diinformasikan secara visual kepada para peserta yang hadir. Fira mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan edukatif bagi para tunanetra. Ia berharap agar kegiatan semacam ini akan terus diadakan untuk membantu para tunanetra yang lain agar juga memiliki kesempatan belajar di Adi Gunawan Institut.

Adi Gunawan, pendiri Adi Gunawan Institut yang juga sebagai pengajar dalam kelas tersebut mengatakan bahwa bimbingan belajar bagi para tunanetra akan diadakan secara berkala. Ia juga menambahkan bahwa Adi Gunawan Institut akan terus mengadakan banyak kegiatan yang positif serta edukatif bagi para tunanetra. 

“Walaupun kelas komputer bicara pada periode ini telah selesai, tetapi akan kami adakan kembali kelas komputer bicara pada periode selanjutnya.” Tambah Adi saat menutup acara tersebut.

Saksikan videonya di sini

Mari bergabung bersama Adi Gunawan Institut untuk mengadakan banyak kegiatan yang positif dan edukatif bagi para tunanetra.

Jadilah mitra kami untuk mengadakan kelas komputer bicara bagi tunanetra, pelatihan ponsel bicara bagi tunanetra, pentas seni dan vokal, pelatihan handicraft, serta kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Info lebih lanjut dapat menghubungi kami di :

Sekretariat

Villa Puncak Tidar Blok AE No.40, Malang, Jawa Timur.

  • +6282131735324

Jadilah salah satu donatur untuk kegiatan kami bagi para tunanetra.

Untuk berdonasi silahkan kunjungi :

Bersama Adi Gunawan Institut, kita wujudkan kehidupan para tunanetra yang berkualitas, mandiri, dan inklusif.

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi