Kursus Baca Tulis Braille

Louis Braille

Huruf Braille adalah sejenis sistem tulisan sentuh yang digunakan oleh orang dengan hambatan pengelihatan atau tunanetra. Sistem ini diciptakan oleh seorang Perancis yang bernama Louis Braille yang mengalami kondisi tunanetra pada saat ia berusia anak-anak.
Munculnya inspirasi untuk menciptakan huruf-huruf yang dapat dibaca oleh para tunanetra berawal dari seorang bekas perwira artileri Napoleon,  Kapten Charles Barbier.

Barbier menggunakan sandi berupa garis-garis dan titik-titik timbul untuk memberikan pesan ataupun perintah kepada serdadunya dalam kondisi gelap atau malam hari. Pesan tersebut dibaca dengan cara meraba rangkaian kombinasi garis dan titik yang tersusun menjadi sebuah kalimat. Sistem demikian kemudian dikenal dengan sebutan night writing atau tulisan malam.

Demi menyesuaikan kebutuhan para tunanetra, Louis Braille mengadakan uji coba garis dan titik timbul Barbier kepada beberapa kawan tunanetra. Pada kenyataannya, jari-jari tangan mereka lebih peka terhadap titik dibandingkan garis sehingga pada akhirnya huruf-huruf Braille hanya menggunakan kombinasi antara titik dan ruang kosong atau spasi. Sistem tulisan Braille pertama kali digunakan di L’Institution Nationale des Jeunes Aveugles, Paris, dalam rangka mengajar siswa-siswa tunanetra di sana.

Pada tahun 1851 tulisan Braille diajukan pada pemerintah negara Perancis agar dapat diakui secara sah oleh pemerintah. Sejak saat itu penggunaan huruf Braille mulai berkembang luas hingga mencapai negara-negara lain. Pada akhir abad ke-19 sistem tulisan ini diakui secara universal di seluruh dunia dan diberi nama ‘tulisan Braille’.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan para tunanetra untuk dapat membaca dan menulis huruf Braille, Adi Gunawan Institut membuka kursus baca tulis Braille bagi para tunanetra di kota Malang dan sekitarnya.

Kursus baca tulis Braille ini dapat diikuti oleh para tunanetra dari usia anak-anak hingga dewasa.

Dengan para instruktur yang terampil serta kurikulum yang terus disempurnakan, para tunanetra yang mengikuti kursus baca tulis Braille di Adi Gunawan Institut dapat merasakan kemajuan belajar yang cukup signifikan. Selain itu dengan metode interaktif dan komunikatif dalam proses belajar dan mengajar menjadikan kursus baca tulis Braille di Adi Gunawan Institut menjadi sangat menyenangkan.

Dengan kemampuan membaca dan menulis Braille, para tunanetra akan mampu menggali banyak informasi serta pengetahuan yang dapat bermanfaat untuk kemajuan taraf kehidupan mereka di masa kini maupun masa yang akan datang.

Mari bergabung dalam kursus baca tulis Braille di Adi Gunawan Institut!

Perkenalkan huruf Braille kepada keluarga serta kolega Anda yang mengalami kondisi tunanetra, baik yang mengalami kondisi tunanetra sejak anak-anak maupun pada saat telah dewasa.

Untuk mendaftar pada kursus baca tulis Braille dapat menghubungi sekretariat Adi Gunawan Institut di :

Bersama Adi Gunawan Institut, kita wujudkan kehidupan para tunanetra dan penyandang disabilitas yang berkualitas, mandiri, dan inklusif.

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi