Kursus komputer bicara untuk tunanetra di adi gunawan institut

I. Latar belakang​

Komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang dapat memproses atau mengolah data serta informasi dengan menggunakan serangkaian sistem yang telah dibuat sedemikian rupa. Komputer sudah menjadi salah satu kebutuhan mendasar dalam kehidupan manusia di zaman modern sekarang ini. Hampir di setiap aspek kehidupan manusia sudah menggunakan komputer sebagai sarana dan alat bantu untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Dengan kemajuan teknologi saat ini memungkinkan bagi seorang tunanetra untuk dapat juga mengoperasikan seperangkat komputer secara mandiri. Dengan sebuah program pembaca layar (screen reader) yang dipasang pada seperangkat komputer PC atau laptop, tunanetra sudah dapat mengerjakan beberapa hal menggunakan komputer secara mandiri seperti orang-orang pada umumnya. Komputer yang dilengkapi dengan screen reader ini akan memberikan keluaran suara yang akan dapat memandu tunanetra sebagai penggunanya. Komputer dengan program pembaca layar tersebut disebut komputer bicara atau talking komputer.

Dengan komputer bicara para tunanetra dapat melakukan aktivitas ketik-mengetik dan membuat dokumen, membuat perhitungan angka-angka, membuat materi presentasi, berselancar di internet, membaca buku cetak, dan lain sebagainya.

Dengan demikian menjadi penting untuk tunanetra dapat mempelajari dan menguasai komputer bicara sebagai salah satu sarana penunjang aksesibilitas di dalam kehidupan sehari-hari. Komputer bicara dapat digunakan pada saat tunanetra sedang belajar, bersekolah, hingga memasuki dunia kerja.

Untuk itu Adi Gunawan Institut mengadakan pelatihan komputer bicara untuk tunanetra di kota Malang dan sekitarnya. Dengan kesempatan ini diharapkan agar semakin banyak tunanetra di kota Malang dan daerah sekitar dapat mempelajari  komputer bicara serta mampu menggunakannya sebagai salah satu sarana penunjang di dalam aktivitas mereka sehari-hari.

II. MATERI KURSUS

Materi yang diajarkan pada kursus komputer bicara di Adi Gunawan Institut antara lain :

  • Pengenalan komputer dasar bagi pemula, serta teknik mengetik menggunakan 10 jari.
  • Pengenalan program pembaca layar (screen reader) JAWS dan NVDA.
  • Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, dan Microsoft Office Power Point.
  • Internet.
  • Serta materi-materi lainnya yang terkait dengan komputer bicara yang dapat diakses oleh tunanetra.

III. KELAS PEMBELAJARAN

Terdapat beberapa kelas pembelajaran komputer bicara yang dapat diikuti, yaitu :

Kelas reguler

Yaitu kelas khusus dengan periode tertentu, sesuai dengan materi yang dipelajari. Siswa di kelas reguler bisa perseorangan maupun kelompok/organisasi.

Kelas beasiswa

Yaitu kelas khusus yang dibuat oleh Adi Gunawan Institut bekerjasama dengan perorangan/perusahaan/organisasi. Para siswa yang akan belajar di kelas beasiswa dipilih sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

IV. PESERTA BELAJAR

Yang dapat mengikuti pelatihan komputer bicara dan menjadi peserta belajar adalah :

Para tunanetra dengan berbagai jenis hambatan pengelihatan.

Seperti tunanetra total (tidak dapat melihat sama sekali) maupun low vision (pengelihatan rendah atau lemah).

Para tunanetra dari berbagai usia, yakni dari anak-anak hingga dewasa

-Mari bergabung bersama kami!-

Informasi lebih lanjut mengenai kursus komputer bicara dan pendaftaran, dapat menghubungi kami di Admin@adigunawaninstitut.id

jadilah salah satu dari donatur kegiatan kami

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi