Kursus Ponsel Bicara Bagi Tunanetra

Ponsel bicara atau talking smartphone adalah sebuah ponsel pintar yang dilengkapi dengan aplikasi pembaca layar atau yang juga disebut screen reader. Aplikasi pembaca layar ini akan mengubah teks yang tertera pada layar ponsel menjadi sebuah keluaran suara saat para tunanetra menyentuh setiap item pada layar ponsel tersebut.

Para tunanetra dapat mendengarkan setiap tulisan maupun fungsi pada setiap fitur yang terdapat di dalam sebuah ponsel bicara. Dengan pola atau gestur yang telah dikembangkan sedemikian rupa dalam fitur aksesibilitas di dalam sebuah smartphone, para tunanetra saat ini dapat menggunakan ponsel pintar tersebut secara mandiri tanpa kendala yang berarti. Mereka cukup menyentuh item yang diinginkan pada layar, setelah itu memilihnya dengan pola tertentu. Maka item yang telah didengarkan tersebut akan secara otomatis terpilih atau tereksekusi.

Dengan bantuan ponsel bicara, para tunanetra dapat menelpon dan mengirim pesan singkat kepada orang lain secara mandiri. Mereka juga dapat menggunakan aplikasi chat atau medsos, mereka juga dapat menggunakan internet untuk mencari informasi dan membaca berita.

Selain itu tengah dikembangkan berbagai aplikasi penunjang aksesibilitas dan mobilitas bagi para tunanetra, seperti aplikasi GPS aksesibility, aplikasi pendeskripsi gambar, aplikasi pembaca uang serta pembaca buku cetak, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan ponsel bicara, para tunanetra dapat semakin dimudahkan dalam melakukan kegiatan sehari-hari secara mandiri, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Dengan demikian akan semakin terbuka kesempatan bagi para tunanetra untuk mendapatkan taraf kehidupan yang lebih berkualitas, mandiri, serta inklusif di tengah-tengah masyarakat.

Berikut ini adalah video seorang tunanetra sedang menggunakan ponsel bicara.

Adi Gunawan Institut membuka kursus ponsel bicara atau talking smartphone bagi para tunanetra di kota Malang dan sekitarnya.

Kursus ponsel bicara yang diadakan Adi Gunawan Institut dapat diikuti oleh para tunanetra dari berbagai usia, mulai dari  anak-anak hingga dewasa.

Para tunanetra yang ingin belajar ponsel bicara dapat juga sebagai perorangan, organisasi atau lembaga, sekolah luar biasa atau SLB, dan lain sebagainya.

MARI BERGABUNG BERSAMA ADI GUNAWAN INSTITUT UNTUK MERAIH CITA-CITA DI MASA DEPAN!

INFO DAN PENDAFTARAN DAPAT MELALUI :

Call/WhatsApp : +6282131735324

E-mail : Admin@adigunawaninstitut.id

Alamat Sekretariat : Villa Puncak Tidar blok AE No.40, Kalisongo, Malang

Atau silahkan mengisi form di bawah ini. Kami akan segera menghubungi Anda.

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi