TENTANG KAMI

LATAR BELAKANG
Adi Gunawan Institut didirikan dengan melihat bahwa kebutuhan mendasar para difabel atau penyandang disabilitas yakni kualitas kehidupan yang layak dan tersedianya sarana dan prasarana penunjang kemandirian dan seluruh aktifitas sehari-hari belum sepenuhnya akses dan dapat dinikmati oleh para difabel pada umumnya. Secara khusus mengenai tingkat kehidupan difabel netra atau orang-orang yang mengalami hambatan penglihatan masih banyak yang mengalami persoalan di dalam menjalani kehidupan mereka. Baik secara sosial maupun di dalam dunia usaha.
HUBUNGI KAMI
POPULASI
Jumlah difabel netra yang tinggal di Kabupaten Malang kurang lebih sekitar 1.000 orang. Jumlah yang terkonfirmasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Malang ini kemungkinan bisa bertambah karena masih ada beberapa yang belum terdaftar ataupun terisolir di rumah dikarenakan berbagai faktor. Sedangkan jumlah keseluruhan difabel netra di Indonesia kurang lebih sekitar 3,5 juta jiwa. Sekitar 1,5 persen dari total penduduk Indonesia. Data yang diperoleh dari Kementerian Kesehatan Indonesia ini kemungkinan bisa bertambah.
HUBUNGI KAMI
PROFESI
Sebagian besar difabel netra bekerja atau berprofesi sebagai pemijat yang tersebar di panti-panti pijat di seluruh Indonesia. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Malang, dan sebagainya. Sedangkan di daerah-daerah lain seperti Kota dan Kabupaten Tuban difabel netra membuka tempat praktek pijat di rumah-rumah mereka atau menjadi terapis keliling.
HUBUNGI KAMI
PERMASALAHAN
Pekerjaan yang dapat diakses oleh difabel netra masih seputaran dunia massage atau pijat. Sedangkan jumlah panti-panti pijat yang dapat menampung difabel netra di Malang Raya masih belum terlalu banyak jika dibandingkan dengan jumlah difabel netra yang mencapai 1.000 orang lebih dan setiap tahunnya diperkirakan akan bertambah. Persaingan kerja yang kompetitif di dunia massage yang saat ini terjadi juga membuat para terapis difabel netra kalah bersaing dengan massage modern atau spa yang bertebaran di Kota Malang.
HUBUNGI KAMI
SOLUSI
Adanya terobosan bagi peningkatan taraf kehidupan para difabel netra. Saat ini telah dikembangkan sebuah teknologi yang dapat membantu difabel netra untuk dapat mengakses sebuah perangkat komputer dengan menggunakan keluaran suara. Teknologi revolusioner yang dikembangkan sejak tahun 80-an dan pertama kali masuk ke Indonesia tahun 90-an ini terus dikembangkan sedemikian rupa untuk menunjang para difabel netra untuk dapat menggunakan komputer. Baik untuk aktifitas ketik mengetik, keperluan perkantoran, hingga berselancar di internet.
HUBUNGI KAMI
INOVASI
Pada tahun 2014 telah diluncurkan sebuah aplikasi yang dapat dipasang di ponsel android yang juga dapat memberikan keluaran suara. Aplikasi ini dapat digunakan para difabel netra untuk dapat mengakses sebuah ponsel android dan dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain secara mandiri. Baik menelpon atau mengirim pesan singkat sendiri, tanpa memerlukan bantuan orang lain. Selain itu juga tengah dikembangkan berbagai aplikasi berbasis teknologi android yang dapat membantu para difabel netra untuk menjalani aktifitas sehari-hari secara mandiri. Seperti aplikasi pendeteksi lokasi, aplikasi pembaca buku, pendeskripsi foto, pembaca uang, dan sebagainya
HUBUNGI KAMI

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi