Positive thinking

bagian I

Salam jumpa kembali

Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit membagikan cerita dari sisi lain kehidupan yang mungkin jarang atau mungkin tidak pernah menjadi perenungan kita.

Apakah itu? Sepertinya tidak asing? Ya,
Seperti judul di atas yaitu “Positive tHinking”.

Mungkin kita sering mendengar istilah “Positive thinking” dalam keseharian kita. Atau mungkin juga kita sering mengucapkan istilah itu kepada teman atau kerabat kita. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah apakah kita memahami istilah tersebut? Apakah kita dapat melakukannya dalam kehidupan kita?

Ya, saya rasa masing-masing dari kita semua pasti memahami istilah “Positif tinking” yang berarti memiliki pola pikir yang positif atau baik. Pola pikir yang baik akan membentuk prilaku atau kebiasaan yang baik. Kebeiasaan yang baik akan membentuk karakter atau kepribadian yang baik pula.

Nampaknya saya sangat mudah dalam menuliskan pernyataan di atas bukan? Atau mungkin bagi kita itu hal yang biasa dan sudah pasti kita pahami dan kita aminkan. Tetapi ijinkan saya untuk masuk lebih mendalam ke dalam perenungan kita, dengan mengajukan beberapa pertanyaan.

Apakah kita dapat berpikir positif saat kita tengah menghadapi masalah?
Apakah pikiran yang positif itu tetap ada walaupun masalah yang kita hadapi tersebut masih belum memperoleh jalan keluar?
Apakah kita masih ber-positif thinking saat mengalami kegagalan?

Tentu masing-masing dari kita memiliki hasil perenungan yang berbeda-beda dari pertanyaan di atas. Saya pernah menanyakan contoh pertanyaan di atas pada sebuah sesi motivasi yang diadakan oleh komunitas yang meminta saya sebagai narasumber di acara mereka beberapa waktu yang lalu. Saya mendapati jawaban dari setiap peserta acara tersebut yang beraneka ragam, sesuai dengan pemahaman dan pengalaman mereka masing-masing.

Kebanyakan dari para peserta mengatakan bahwa dalam kondisi yang sama seperti pertanyaan di atas akan sangat sulit memiliki pola pikir yang positif. Jujur saya katakan juga demikian. Dalam kondisi baik-baik saja kita akan mudah memiliki pemikiran yang positif. Namun saat terjadi persoalan yang berat agaknya sulit untuk ber-positif tinking. Semisal dalam kondisi seperti saya yang seorang tunanetra yang tidak bisa melihat seperti orang-orang pada umumnya.

Jika para pembaca yang budiman juga memiliki pendapat yang sama dengan kami hendaknya kita perlu belajar lebih dalam lagi mengenai positif tinking.

Ada dua hal yang akan coba saya sampaikan pada sesi motivasi kali ini. Semoga sedikit perenungan dari saya akan dapat membantu dan membuat kita menjadi lebih positif dalam berpikir serta menjalani segala problematika kehidupan ini.

Penulis : Adi Gunawan

Seperti apa ulasannya?

Nantikan kelanjutannya!

jadilah salah satu dari donatur kegiatan kami

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi