Suranto, Salah Satu Tunanetra Anggota Adi Gunawan Institut

Nama saya adalah Suranto. Saya adalah seorang tunanetra, lahir di Lampung pada tanggal 26 Maret 1976. Saya mengalami ketunanetraan sejak lahir. Saya adalah anak ke-4 dari 4 bersaudara.

Pada tahun 1983, saya mengikuti pendidikan khusus tunanetra di SLBA Karyamurni Medan Sumatra Utara. Saya mengikuti pendidikan di SLBA selama 9 tahun hingga kelas 3 SMP. Lalu saya melanjutkan pendidikan di bangku SMU dan tamat pada tahun 1997.

Selama 12 tahun mengikuti pendidikan, saya selalu menggunakan huruf braille untuk mengikuti semua mata pelajaran yang diberikan oleh bapak dan ibu guru di sekolah. Saat itu, belum ditemukan teknologi yang dapat diakses oleh para tunanetra seperti saat ini. Saat itu, tunanetra selalu membutuhkan relawan untuk membacakan hamper semua mata pelajaran, karena tidak semua buku pelajaran sekolah tersedia dalam huruf braille. Dan kesulitan inipun dirasakan juga oleh para tunanetra yang mengikuti pendidikan di perguruan tinggi.

Singkat cerita, pada tahun 2013, saya berjumpa dan berkenalan dengan seorang tunanetra, yang bernama Adi Gunawan. Bagi saya, Adi Gunawan adalah seorang tunanetra yang menginspirasi saya untuk bangkit dari keterpurukan dan ketertinggalan dibidang IT atau informasi teknologi.

Pada tahun 2018, Adi Gunawan mendirikan sebuah lembaga yang diberi nama Adi Gunawan Institut. Tujuan didirikannya lembaga ini adalah untuk memberikan fasilitas dan kemudahan bagi tunanetra yang ingin menambah wawasan dibidang teknologi dan komputerisasi.

Saya merasa sangat bergembira dengan didirikannya lembaga ini. Adi Gunawan Institut menyelenggarakan bimbingan belajar komputer bicara yang dapat diikuti oleh para tunanetra di Kota Malang, Jawa Timur. Bimbingan belajar ini diadakan setiap 1 minggu sekali selama 3 bulan dari Februari hingga April 2019 dengan hasil yang sangat menggembirakan.

Saya dan teman-teman tunanetra lainnya sangat antusias saat mengikuti bimbingan belajar ini. Adi Gunawan Institut menyediakan sejumlah komputer bicara yang dilengkapi dengan perangkat lunak pembaca layar yang sangat aksesibel bagi tunanetra, sehingga kami dapat menggunakan komputer bicara tersebut secara mandiri. Adi Gunawan Institut beralamat di Villa Puncak Tidar blok AE Nomor 40 Malang Jawa Timur.

"Maju Terus Adi Gunawan Institut"

Penulis: Suranto, Malang, Jawa Timur.

Saksikan juga video penutupan kelas komputer bicara yang diadakan oleh Adi Gunawan institut di sini

Mari bergabung bersama Adi Gunawan Institut untuk mengadakan banyak kegiatan yang positif dan edukatif bagi para tunanetra.

Jadilah mitra kami untuk mengadakan kelas komputer bicara bagi tunanetra, pelatihan ponsel bicara bagi tunanetra, pentas seni dan vokal, pelatihan handicraft, serta kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Info lebih lanjut dapat menghubungi kami di

Alamat Sekretariat  : Villa Puncak Tidar Blok AE No.40, Malang, Jawa Timur.
Phone  : 081332005540
Email :  Admin@adigunawaninstitut.id

Jadilah salah satu donatur untuk kegiatan kami bagi para tunanetra.

Untuk berdonasi silahkan kunjungi :

Bersama Adi Gunawan Institut, kita wujudkan kehidupan para tunanetra yang berkualitas, mandiri, dan inklusif.

Copyright © 2018, Adi Gunawan Institut | Powered by PT Valid Data Solusi